Program

Home /Program Kesehatan Lingkungan

Program Kesehatan Lingkungan

Di Puskesmas Koto Katik program kesehatan lingkungan termasuk kegiatan upaya kesehatan wajib yang banyak berinteraksi dengan program lain seperti Promosi Kesehatan, PHBS, dan Surveilans. Program kesehatan lingkungan di Puskesmas berkerja sama dengan program yang lain dari sektor terkait di wilayah kerja puskesmas.

Adapun Kegiatan - Kegiatan yang dilakukan pada Program Kesehatan Lingkungan adalah sebagai berikut :

1.  Pendataan Rumah Sehat dan Sarana Kesehatan Lingkungan

Pendataan ini dilakukan oleh petugas kesehatan dengan menggunakan format pendataan rumah sehat yang mencakup sarana kesehatan lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan data jumlah rumah, jumlah jamban, sarana air bersih,SPAL dan pengolahan sampah serta jumlah rumah sehat. Tujuan kegiatan pendataan ini adalah untuk mengetahui berapa rumah sehat, cakupan jamban, akses masyarakat yang menggunakan air bersih, jumlah keluarga yang menggunakan SPAL dan pengolahan sampah dengan benar.

2.  Inspeksi Kesehatan Lingkungan TTU

Tempat - tempat umum merupakan yang banyak dikunjungi orang, tempat dimana banyak orang berkumpul yang mana tempat tersebut harus memiliki sarana yang memadai. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pengawasan dan pembinaan secara teratur dalam rangka mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat.

3.  Inspeksi Kesehatan Lingkungan TPM

Tempat pengolahan makanan merupakan tempat yang dapat menjadi penyebaran penyakit oleh sebab itu sarana sanitasi yang memadai sangat diperlukan. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pengawasan dan pembinaan secara teratur sehingga hasil produksi yang digunakan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

4.  Monitoring Sekolah

Sanitasi sekolah merupakan hal yang harus diperhatikan karena sekolah merupakan kelompok masyarakat yang bisa menjadi contoh untuk masyarakat luas. Tujuan kegiatan ini meningkatkan kemampuan hidup sehat, meningkatkan lingkungan sehat dan mendidik sumber daya yang berkualitas.

5.  Monitoring Perkantoran

Sanitasi perkantoran sangat perlu diperhatikan karena sebagian waktu karyawan tersebut berada di tempat kerja dengan demikian kantor yang sehat dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik. Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat.

6.  Pemeriksaan Kualitas Air

Semakin maraknya pemakaian air isi ulang maka dirasa perlu untuk menguji depot ini, selain itu sumber air umum yang banyak digunakan masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas air yang digunakan masyarakat memenuhi syarat.

7.  Klinik Sanitasi

Klinik Sanitasi merupakan suatu wahana untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat melalui upaya terintegrasi antara kesehatan lingkungan pemberantasan penyakit dengan bimbingan, penyuluhan dan bantuan teknis dari petugas puskesmas. Tujuannya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya preventif dan kuratif yang dilakukan secara terpadu, terarah dan tersusun secara terus menerus.

8.  Penyuluhan Kesehatan Lingkungan

Masih minimnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dalam rangka terhindarnya dari penyakit berbasis lingkungan seperti diare, penyakit kulit dan DBD. Penyuluhan disampaikan pada saat posyandu balita dan posyandu lansia,tujuannya untuk untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang lingkungan sehat demi terwujudnya masyarakat yang sehat.

9.  Kegiatan Lintas Program

Kegiatan yang bekerja sama dengan program lain seperti UKS dan Surveilans.

10. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemicuan STBM

Kegiatan ini dilakukan untuk memicu masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, misalnya bagi masyarakat yang belum punya jamaban sehat terpicu untuk membuat jamban sehat.