Program

Home /Promkes

Promkes

Promosi Kesehatan di Puskesmas merupakan upaya Puskesmas dalam memberdayakan pengunjung dan masyarakat baik didalam maupun di luar puskesmas agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mengenali masalah kesehatan, mencegah dan menanggulanginya. Dengan Promosi Kesehatan juga menjadikan lingkungan Puskesmas lebih aman, nyaman, bersih dan sehat dalam mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Promosi Kesehatan di Puskesmas merupakan tanggung jawab bersama antara petugas, pengunjung maupun masyarakat.


Petugas puskesmas diharapkan menjadi teladan perilaku sehat dimasyarakat dan melahirkan gerakan pemberdayaan masyarakat. Sedangkan para pengunjung puskesmas yaitu para pasien dan keluarganya dapat menerapkan perilaku sehat juga aktif menjadi penggerak atau kader kesehatan dimasyarakat. Upaya dimaksud juga menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten/kota beserta jajaran sector terkait untuk memfasilitasi Puskesmas agar dapat melaksanakan promosi kesehatan di Puskesmas.


Adapun tujuan dari Program Promosi Kesehatan adalah Tercapainya perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal di wilayah UPTD Puskesmas Gunung.


Adapun Kegiatan kegiatan prograPromosi Kesehatan di Puskesmas Gunung adalah sebagai beriku:

a. Penyuluhan kesehatan kepada individu atau kelompok di dalam gedung  dan luar gedung, terjadwal dan tidak terjadwal secara lintas program.

b. Penyuluhan keliling ke seluruh wilayah kerja Puskesmas Gunung dalam waktu-waktu tertentu atau menjelang kegiatan yang bersifat massal.

c. Melaksanakan fasilitasi dalam pembinaan peran serta masyarakat dalam berbagai kegiatan program yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat seperti Posyandu, Kelurahan Siaga dan UKBM lain.

d. Membina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga dan Sekolah

e. Melaksanakan koordinasi lintas program dan lintas sector

f.  Menyediakan media-media penyuluhan yang inovatif